Pengertian Lembaga Pendidikan

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Pengertian Lembaga Pendidikan. Lembaga Pendidikan adalah suatu institusi, media, forum, atau situasi dan kondisi tertentu yang memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran, baik secara terstruktur maupun secara tradisi yang telah diciptakan sebelumnya. Pengertian tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa seluruh proses kehidupan manusia pada dasarnya merupakan kegiatan belajar-mengajar atau pendidikan.
Lembaga pendidikan juga dapat berarti sebuah institusi yang memang sengaja dibentuk untuk keperluan khusus pendidikan dan ada pula lembaga yang memang tanpa disadari telah berfungsi sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran. Pengertian ini berimplikasi pada pemahaman yang luas tentang lembaga pendidikan sehingga bisa memasukan segala hal yang bisa mendatangkan nilai positif dalam proses pendidikan dan penyelenggaranya dikategorikan sebagai lembaga pendidikan.
Lembaga pendidikan merupakan salah satu sistem yang memungkinkan berlangsungnya pendidikan. Adanya kelembagaan dalam masyarakat dalam rangka proses pembudayaan umat merupakan tugas dan tanggung jawabnya yang kultural dan edukatif terhadap peserta didik dan masyarakatnya yang semakin berat.
Lembaga pendidikan adalah suatu sistem yang bersifat mujarrad, suatu konsepsi yang terdiri dari kode-kode, norma-norma, ideologi-ideologi dan sebagainya, baik bersifat tertulis atau tidak, termasuk perlengkapan meterial dan organisasi simbolik : kelompok manusia yang terdiri individu-individu yang dibentuk dengan sengaja atau tidak, untuk mencapai tujuan tertentu.
Lembaga pendidikan merupakan suatu perkumpulan atau organisasi yang dibentuk untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses belajar mengajar, dengan menggunakan sistem dan cara-cara tertentu untuk menyampaikan ilmu kepada peserta didik.
Sedangkan lembaga pendidikan terdiri dari lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal. Lembaga pendidikan formal dikelola oleh masyarakat, sedangkan lembaga pendidikan non formal dikelola oleh instansi resmi yang mempunyai pedoman-pedoman khusus penyelenggaraan pendidikan yang diatur oleh peraturan pemerintah maupun undang-undang yang berlaku.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Lembaga Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel